Text
Kurikulum dan Pembelajaran
Dalam buku ini “Kurikulum dan Pembelajaran” terdapat 10 bab pokok bahasan, yaitu:
BAB 1. Proses Pendidikan, pada bab ini, penulis menjabarkan tentang pengertian pendidikan, tujuan, peserta didik, tenaga kependidikan dan konsep pengajaran.
BAB 2. Dasar Pengembangan Kurikulum, pada bab ini, penulis menjabarkan tentang dasar pengembangan kurikulum yang didalamnya terdapat pengertian kurikulum, landasan pengembangan kurikulum, komponen pengembangan kurikulum, dan prinsip pengembangan kurikulum.
BAB 3. Hakikat Belajar, pada bab ini, penulis menjelaskan tentang hakikat belajar yang didalamnya memuat pengertian belajar, teori belajar, cirri-ciri belajar, dan unsure-unsur dinamis dalam proses belajar.
BAB 4. Hakikat Pembelajaran, pada bab ini, penulis menjelaskan tentang hakikat pembelajaran yang didalamnya memuat pengertian pembelajaran, teori pembelajaran, cirri pembelajaran, dan unsure pembelajaran.
BAB 5. Tujuan Belajar dan Pembelajaran, pada bab ini, penulis menjabarkan tentang tujuan belajar dan pembelajaran yang didalamnya memuat tujuan belajar, tujuan pembelajaran, klasifikasi tujuan pendidikan, dan taksonomi tujuan pendidikan.
BAB 6. Dasar Pembelajaran, pada bab ini, penulis menjabarkan tentang dasar pebelajaran yang meliputi asas-asas belajar, aktivitas belajar, perbedaan individual, pengulangan dan latihan, dan lingkungan.
BAB 7. Motivasi Belajar, bab ini, penulis menjabarkan tentang motivasi belajar yang didalamnya mencakup pengertian dan pentingnya motivasi, jenis dan sifat motivasi, prinsip motivasi belajar, dan upaya meningkatkan motivasi belajar.
BAB 8. Pendekatan dalam Pembelajaran, Dalam bab ini, penulis menjelaskan tentang pendekatan dalam pembelajaran yang didalamnya memuat perkembangan konsep pembelajaran, model pembelajaran, dan strategi pembelajaran.
BAB 9. Pendekatan CBSA dalam Pembelajaran, Dalam bab ini, penulis menjelaskan tentang cara belajar siswa aktif dalam pembelajaran yang didalamnya memuat tentang konsep CBSA dalam pembelajaran dan pendekatan keterampilan proses sebagai bagian dari CBSA.
BAB 10. Evaluasi Belajar dan Pembelajaran, pada bab ini, penulis menjelakan tentang evaluasi belajar dan pembelajaran yang didalamnya memuat pengertian, kedudukan, dan syarat umum evaluasi, evaluasi hasil belajar dan evaluasi pembelajaran.
13646 | 375 HAM k | Ruang Sirkulasi Universitas Pertahanan RI - Sentul | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain