Text
Metode Penelitian Administrasi
Metode penelitian administrasi adalah cara ilmiah untuk mendapatkan data dengan tujuan dan kegunaan tertentu yang berkaitan dengan keseluruhan proses penyelenggaraan dalam usaha kerja sama dua orang atau lebih atau usaha bersama untuk mendayagunakan semua sumber (personel ataupun materiel) secara efektif, efisien, dan rasional untuk menunjang tercapainya tujuan. Tujuan dari penelitian tersebut adalah untuk meramalkan, mengontrol, dan menjelaskan gejala-gejala yang teramati untuk mendapatkan kebenaran.
Masalah pokok administrasi adalah mengendalikan, merakit, dan memanfaatkan unsur-unsur administrasi dengan efektif dan efisien. Pelaksanaan administrasi itu sendiri harus ditopang oleh organisasi, sistem informasi, dan sistem manajemen. Dalam pendekatan sistem, kegiatan administrasi merupakan salah satu komponen instrumental proses penyelenggaraan administrasi. Landasan kegiatan administrasi tersebut berpedoman pada empat prinsip, yaitu prinsip fleksibilitas, efektif dan efektivitas, berorientasi pada tujuan, dan kontinuitas. Adapun objek penelitian administrasi berkaitan dengan penelitian kepemimpinan dalam administrasi, penelitian dalam organisasi dan pengorganisasian, serta penelitian dalam administrasi kepegawaian negara.
Semua uraian tentang hal-hal yang berkaitan dengan proses kegiatan penelitian tersebut diwujudkan dalam laporan penelitian. Isi laporan penelitian tidak hanya tentang langkah-langkah yang telah dilalui oleh peneliti, tetapi juga latar belakang permasalahan, kerangka berpikir, dukungan teori, dan sebagainya, yang bersifat memperkuat makna penelitian yang dilakukan. Penyajian laporan artinya menguraikan hasil-hasil penelitian setelah penelitian selesai dilaksanakan, dan penyajian hasil penelitian dapat menggunakan penyajian verbal, matematis, dan penyajian visual.
12226 | 308 Ang m | Ruang Sirkulasi Universitas Pertahanan RI - Sentul | Tersedia |
12225 | 308 Ang m | Ruang Sirkulasi Universitas Pertahanan RI - Sentul | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain