Detail Cantuman


Image of IMPLIKASI PEMBERITAAN MEDIA ARUS UTAMA NASIONAL TERHADAP KETAHANAN MASYARAKAT MENGHADAPI MASA ADAPTASI KEBIASAAN BARU PANDEMI COVID-19
(Studi pada Pengguna Twitter di Indonesia)

03 Tesis

IMPLIKASI PEMBERITAAN MEDIA ARUS UTAMA NASIONAL TERHADAP KETAHANAN MASYARAKAT MENGHADAPI MASA ADAPTASI KEBIASAAN BARU PANDEMI COVID-19 (Studi pada Pengguna Twitter di Indonesia)



Pandemi Covid-19 membawa dampak signifikan terutama di bidang kesehatan dan ekonomi. Pemerintah memutuskan untuk melakukan transisi dari permbatasan sosial berskala besar (PSBB) menuju masa Adaptasi Kebiasaan Baru untuk menyelamatkan perekonomian. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan menganalisis implikasi pemberitaan media online terhadap ketahanan masyarakat menghadapi masa adaptasi kebiasaan baru pandemi Covid-19, yakni melalui tanggapan netizen di Twitter terhadap pemberitaan terkait new normal. Media massa memiliki peran untuk memberikan edukasi kepada masyarakat guna meningkatkan mitigasi serta mengawasi kebijakan tata kelola penanganan pandemi. Di sisi lain, realitas yang dikonstruksi oleh media mempengaruhi opini publik dalam menanggapi kebijakan pemerintah. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif analisis. Data didapatkan melalui wawancara terhadap lima narasumber yang relevan di bidang komunikasi pemerintahan dan media massa, studi pusaka, dan observasi berdasarkan peta Social Network Analysis (SNA) media sosial Twitter. Analisis penelitian menggunakan teori ketahanan masyarakat oleh Nuwayhid et al (2011). Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat tiga kluster dalam perbincangan mengenai new normal di Twitter, yaitu kluster pro pemerintah, pro oposisi, dan information arbitrage. Temuan tersebut mengindikasikan bahwa pemberitaan mengenai new normal dari beragam perspektif, meleburkan kohesi sosial yang sebelumnya telah terbentuk. Di sisi lain, aspek solidaritas masyarakat menguat didorong oleh pemberitaan mengenai praktik baik di masyarakat. Solidaritas organik terbentuk di masyarakat untuk bersama-sama menangani pandemi Covid19. Kepercayaan publik terhadap pemerintah melalui tata kelola penanganan Covid-19 menunjukkan terjadinya kegamangan dengan terbentuknya kelompok pro oposisi dan pro pemerintah. Penelitian lebih lanjut direkomendasikan untuk menganalisis persepsi publik terhadap kebijakan pemerintah di masa pandemi guna meningkatkan ketahanan masyarakat.


Ketersediaan

T.33.21.013T.33.21.013Ruang Referensi Perpustakaan Universitas PertahananTersedia

Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
T.33.21.013
Penerbit Universitas Pertahanan Republik Indonesia : Bogor.,
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
T.33.21.013
Fakultas
Keamanan Nasional
Program Studi
S-2 Damai dan Resolusi Konflik
Tipe Pembawa
Print
Edisi
Softcopy
Subyek
NIM
T.33.21.013

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain


Lampiran Berkas


search

masukkan satu atau lebih kata kunci dari judul, pengarang, atau subyek



Advanced Search

Masukan judul koleksi

  • SEARCHING...

Masukan pengarang koleksi

  • SEARCHING...

Masukan subjek koleksi

Masukan ISBN/ISSN koleksi

Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnyaXML DetailCite this