Detail Cantuman


Image of AKTUALISASI MODAL SOSIAL MASYARAKAT JAKARTA DALAM PENANGANAN PENCEMARAN PLASTIK DITINJAU DARI PERSPEKTIF KEAMANAN LINGKUNGAN MARITIM (STUDI KASUS: PENCEMARAN SAMPAH PLASTIK DI TELUK JAKARTA)

03 Tesis

AKTUALISASI MODAL SOSIAL MASYARAKAT JAKARTA DALAM PENANGANAN PENCEMARAN PLASTIK DITINJAU DARI PERSPEKTIF KEAMANAN LINGKUNGAN MARITIM (STUDI KASUS: PENCEMARAN SAMPAH PLASTIK DI TELUK JAKARTA)



Teluk Jakarta menjadi etalase depan wajah kegiatan maritim di Indonesia. Sampah di laut menjadi masalah utama dalam pembangunan di Jakarta. Meskipun Jakarta memiliki modal sosial yang besar, namun aktualisasi dari modal sosial dalam penyelesaian masalah keamanan masih belum banyak diketahui. Penelitian ini bertujuan a) Menganalisis aktualisasi penerapan modal sosial masyarakat Jakarta dalam penanganan sampah plastik di Teluk Jakarta saat ini dalam perspektif keamanan lingkungan maritim; b) Menganalisis efektivitas regulasi yang telah ditetapkan oleh Pemerintah DKI Jakarta terkait
dengan penanganan sampah plastik yang ada di Teluk Jakarta dan strategi apa yang dilakukan Pemerintah DKI Jakarta dalam memberdayakan modal sosial. Metode yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Penelitian dilaksanakan di Jakarta, dengan melaksanakan observasi dan wawancara di instansi pemerintah yang membidangi lingkungan hidup. Waktu penelitian November 2020 sampai Januari 2021. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktualisasi penerapan modal sosial masyarakat Jakarta dalam penanganan sampah plastik di Teluk Jakarta dilaksanakan melalui program Bank Sampah, Citizen Relation Management, SAMTAMA dan Jakarta Recycle Center. Efektivitas regulasi dalam penanganan sampah optimis tercapai 70% dan pengurangan 20% pada tahun 2025. Namun dalam penangannya, Pemda DKI Jakarta tidak bisa bekerja sendirian, perlu kolaborasi dengan pemerintah daerah sekitarnya. Strategi yang dilakukan adalah Ends, tercapaianya peningkatan peran serta modal sosial dan pelaku usaha secara aktif mengurangi sampah berwawasan lingkungan, sampah menjadi sumber ekonomi. Ways adalah dengan pengurangan sampah di sumber, optimalisasi TPST Bantargebang dan pembangunan Intermediate Treatment Facility (ITF). Sedangkan Means yang digunakan melalui Penguatan Kelembagaan, Pendanaan, dan optimalisasi peran masyarakat / swasta / perguruan tinggi.


Ketersediaan

T.32.21.001T.32.21.001Perpustakaan Universitas Pertahanan RI - SalembaTersedia

Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
-
Penerbit Universitas Pertahanan Republik Indonesia : Bogor.,
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
NONE
Fakultas
Keamanan Nasional
Program Studi
S-2 Keamanan Maritim
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
NIM
120190302011

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain


Lampiran Berkas


search

masukkan satu atau lebih kata kunci dari judul, pengarang, atau subyek



Advanced Search

Masukan judul koleksi

  • SEARCHING...

Masukan pengarang koleksi

  • SEARCHING...

Masukan subjek koleksi

Masukan ISBN/ISSN koleksi

Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnyaXML DetailCite this