Detail Cantuman


Image of IMPLEMENTASI PEMBANGUNAN TOL LAUT UNTUK MEWUJUDKAN INDONESIA SEBAGAI POROS MARITIM DUNIA

03 Tesis

IMPLEMENTASI PEMBANGUNAN TOL LAUT UNTUK MEWUJUDKAN INDONESIA SEBAGAI POROS MARITIM DUNIA



Indonesia adalah negara kepulauan terbesar di dunia. Dengan posisi strategis ini, sudah sewajarnya apabila Indonesia memanfaatkannya untuk kemaslahatan bangsa dan menciptakan keamanan di kawasan sesuai dengan amanat konstitusi. Presiden Jokowi menegaskan konsep Indonesia sebagai poros maritim dunia yang salah satu fokusnya adalah tol laut dalam bentuk pembangunan infrastruktur dan konektivitas antarwilayah. Koordinator pelaksana program Tol Laut yaitu Kemenko Bidang Kemaritiman baru terbentuk pada tahun 2015, dan tindak lanjut Konsep Poros Maritim Dunia dan Program Tol Laut baru dikeluarkan pada tahun 2017 melalui Perpres 16 Tahun 2017. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pencapaian program tol laut oleh pemerintah selama 3 tahun pemerintahan dan untuk menganalisis faktor-faktor pembangunan tol laut untuk mewujudkan Indonesia sebagai Poros Maritim Dunia.
Teori yang digunakan adalah Teori Implementasi Kebijakan, dan metode yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukan bahwa, pertama, implementasi pembangunan tol laut sudah menunjukkan kemajuan dengan berbagai kendala yang dihadapi; kedua, Faktor pendorong pembangunan tol laut untuk mewujudkan Indonesia sebagai Poros Maritim Dunia antara lain: 1) kondisi geografis Indonesia; 2) menurunkan disparitas harga antara barat dan timur Indonesia; 3) pemerataan distribusi kebutuhan pokok; 4) perencanaan pembangunan yang terkoordinasi; 5) pembangunan terpadu; dan 6) kerjasama pembiayaan pembangunan. Sedangkan faktor penghambat antara
lain: 1) Cara pandang (mindset) terhadap laut; 2) ego sektoral; 3) pelayaran belum maksimal; 4) kondisi pelabuhan belum memadai; 5) industri perkapalan belum berkembang; 6) permasalahan operasional kapal tol laut; 7) proses penyediaan lahan lama; dan 8) akses dan sarana-prasarana daerah tertinggal dan kawasan perbatasan belum memadai.


Ketersediaan

T1703T.32.18.009Ruang Referensi Perpustakaan Universitas PertahananTersedia

Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
T.32.18.009
Penerbit Universitas Pertahanan Republik Indonesia : Bogor.,
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
T003
Fakultas
Keamanan Nasional
Program Studi
S-2 Keamanan Maritim
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
NIM
120160205008

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain


Lampiran Berkas


search

masukkan satu atau lebih kata kunci dari judul, pengarang, atau subyek



Advanced Search

Masukan judul koleksi

  • SEARCHING...

Masukan pengarang koleksi

  • SEARCHING...

Masukan subjek koleksi

Masukan ISBN/ISSN koleksi

Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnyaXML DetailCite this