Detail Cantuman
03 Tesis
PENGARUH PENDIDIKAN PERDAMAIAN DAN LITERASI MEDIA TERHADAP PEMAHAMAN AGRESIVITAS SISWA AGRESIF KELAS X PADA 3 SMK DI KOTA BOGOR
Di Kota Bogor selama lima tahun terakhir, ditemukan banyaknya tindak
kekerasan dan kasus yang berkaitan dengan perilaku agresif di kalangan pelajar. Perilaku-perilaku tersebut menimbulkan banyak kerugian bagi orang lain, bahkan kematian, serta mengarahkan kepada lingkaran kekerasan yang tidak pernah usai. penelitian ini dilakukan untuk menguji pengaruh penggunaan pendidikan perdamaian dan literasi media untuk meningkatkan pemahaman siswa tentang agresivitas, sebagai upaya untuk mencegah perilaku agresif. Metode penelitian yang digunakan adalah eksperimen kuasi menggunakan satu kelompok. 38 sisa yang rentang terhadap perilaku agresif dari tiga SMK terlibat untuk menerima 10 sesi kegiatan belajar tentang perdamaian dan literasi media. kuesioner agresivitas digunakan untuk mengidentifikasi partisipan yang didukung oleh data siswa di sekolah. Untuk mengumpulkan data, kuesioner tentang pemahaman agresivitas dikembangkan dan diuji validitas serta reliabilitasnya. Post test dilakukan setelah semua sesi berakhir. Data dianalisa menggunakan t test. Hasil penelitian menunjukkan rerata skor pemahaman siswa tentang agresivitas meningkat, oleh karena itu sesi belajar dari pendidikan perdamaian dan literasi media memiliki pengaruh signifika terhadap pemahaman agresivitas siswa. hasil penelitian juga menunjukkan perbedaan pemahaman agresivitas antara sisa lelaki dan perempuan, dimana sisa perempuan memiliki pemahaman agresivitas yang lebih baik.
Ketersediaan
T1912 | T.33.17.001 | Ruang Referensi Perpustakaan Universitas Pertahanan (Ruang Tesis) | Tersedia |
Informasi Detil
Judul Seri |
-
|
---|---|
No. Panggil |
T.33.17.001
|
Penerbit | Universitas Pertahanan Republik Indonesia : Bogor., 2017 |
Deskripsi Fisik |
-
|
Bahasa |
Indonesia
|
ISBN/ISSN |
-
|
Klasifikasi |
NONE
|
Fakultas |
Keamanan Nasional
|
Program Studi |
S-2 Damai dan Resolusi Konflik
|
---|---|
Tipe Pembawa |
-
|
Edisi |
-
|
Subyek | |
NIM |
120160103013
|
Versi lain/terkait
Tidak tersedia versi lain