Detail Cantuman


Image of REVITALISASI PERKERETAAPIAN GUNA MENINGKATKAN PERTUMBUHAN EKONOMI DAERAH DALAM MENDUKUNG PERTAHANAN NEGARA (STUDI DI PROVINSI JAWA TENGAH)

03 Tesis

REVITALISASI PERKERETAAPIAN GUNA MENINGKATKAN PERTUMBUHAN EKONOMI DAERAH DALAM MENDUKUNG PERTAHANAN NEGARA (STUDI DI PROVINSI JAWA TENGAH)



Saat ini perkeretaapian masih kurang dimanfaatkan guna mendukung transportasi logistik dan manusia serta pertahanan negara. Oleh karena itu, penelitian ini yaitu berfokus tentang Revitalisasi perkeretaapian guna meningkatkan pertumbuhan ekonomi daerah untuk mendukung pertahanan negara, khususnya di wilayah Daop IV Semarang yang masuk ke dalam Provinsi Jawa Tengah. Tujuan Penelitian ini untuk Menganalisis Revitalisasi Perkeretaapian terhadap Pertumbuhan Ekonomi Daerah serta Menganalisis
Revitalisasi Perkeretaapian dan Pertumbuhan Ekonomi Daerah terhadap Pertahanan Negara. Desain dalam penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif analitik, yaitu mengambil masalah atau memusatkan perhatian kepada masalah-masalah sebagaimana adanya saat penelitian dilaksanakan, hasil penelitian kemudian diolah dan dianalisis untuk diambil kesimpulannya. Data yang diperoleh dalam penelitian ini sebagian besar merupakan data deskriptif dalam bentuk laporan dan uraian sehingga penelitian ini tidak mengutamakan angkaangka dan atau pengolahan data statistik. Analisis data penelitian ini menggunakan Model Analisis Data dari Miles Huberman dan Johnny Saldana (2014) yang meliputi: kondensasi data (data condensation), penyajian data (data display), dan penarikan kesimpulan atau verifikasi (conclusion: drawing/verifying). Hasil penelitian menunjukan bahwa
Perkeretaapian di provinsi jawa tengah khususnya di Daop IV Semarang saat ini telah berkembang signifikan. Khususnya setelah dioperasikannya jalur ganda (Double Track) di jalur utama Jakarta – Surabaya. Ditjen Perkeretaapian selaku regulator dan perencana pembangunan perkeretaapian masih menghadapi kendala di dalam merealisasikan pengembangan jalur kereta api. Terutama dalam hal reaktivasi jalur non-aktif yang banyak terdapat di kawasan Daop IV Semarang. Jumlah kereta api yang digunakan sebagai komuter untuk stasiun-stasiun kecil masih kurang memadai. Perawatan sarana perkeretaapian di Daop IV Semarang perlu ditingkatkan. Kerjasama antar instansi untuk merealisasikan Revitalisasi perkeretaapian guna meningkatkan pertumbuhan ekonomi untuk mendukung pertahanan negara sudah terjalin cukup baik. Namun masih terdapat beberapa kendala di lapangannya.


Ketersediaan

Tidak ada salinan data


Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
-
Penerbit Universitas Pertahanan Republik Indonesia : Bogor.,
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
NONE
Fakultas
Manajemen Pertahanan
Program Studi
S-2 Ekonomi Pertahanan
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
NIM
120160202008

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain


Lampiran Berkas


search

masukkan satu atau lebih kata kunci dari judul, pengarang, atau subyek



Advanced Search

Masukan judul koleksi

  • SEARCHING...

Masukan pengarang koleksi

  • SEARCHING...

Masukan subjek koleksi

Masukan ISBN/ISSN koleksi

Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnyaXML DetailCite this