Detail Cantuman
03 Tesis
REMODELLING CONNING TOWER PADA KAPAL SELAM ALUGORO GUNA MENDUKUNG PENGUASAAN TEKNOLOGI INDUSTRI PERTAHANAN NASIONAL DALAM MEWUJUDKAN POSTUR TENTARA NASIONAL INDONESIA YANG TANGGUH
Negara Kesatuan Republik Indonesia yang memiliki luas wilayah laut sebesar 3.25 juta kilometer persegi dan 2.55 juta kilometer persegi yang merupakan kawasan ekonomi eksklusif tentunya memerlukan pertahanan di bidang kemaritiman guna melindungi wilayah perairan tersebut. Salah satu alat utama sistem senjata yang dimiliki oleh Tentara Nasional Indonesia Angkatan Laut adalah kapal selam yang mampu beroperasi di dalam permukaan laut sehingga sulit untuk dideteksi keberadaannya. Kapal Selam Alugoro 405 yang merupakan kapal selam diesel elektrik hasil kerja sama joint production antara PT. PAL Persero dengan Daewoo Shipbuilding and Marine Engineering Korea Selatan menjadi kapal selam terbaru yang dimiliki oleh TNI AL. Bagian conning tower yang menjadi salah satu bangunan luar pada kapal selam menyumbang sekitar 15-30% dari hambatan total kapal selam itu sendiri, hal ini menjadikan conning tower menjadi objek dari penelitian ini untuk dilakukannya remodelling agar mendapatkan bentukan model dari conning tower yang mampu mengurangi nilai koefisien hambatan. Variasi model yang dilakukan dalam penelitian ini dengan menggunakan variasi model Eppler dan model Langley yang akan dimodelkan untuk menggantikan model conning tower original yang dimiliki oleh kapal selam Alugoro 405. Selain variasi model, penelitian ini juga menggunakan variasi kedalaman untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh yang terjadi terhadap nilai hambatan akibat kedalaman pada jarak 100m, 250m, dan 350m di bawah permukaan laut. Kecepatan yang diterapkan pada penelitian ini menggunakan kecepatan maksimum dari kapal selam Alugoro 405 yaitu sebesar 21 knot. Hasil dari peneitian pada penelitian ini pada model variasi Eppler ialah berkurangnya koefisien hambatan sebesar 9,72% dari yang semula 0.247 menjadi 0.223 dan pada model Langley sebesar 18.99% dari nilai koefisien hambatan model original 0.247 menjadi 0.200 sehingga model Langley merupakan variasi yang paling optimal dalam pengurangan koefisien hambatan pada conning tower pada penelitian ini. Hasil dari penelitian ini diharapkan mampu dijadikan suatu referensi bagi industri pertahanan untuk mendesain model dari conning tower kapal selam untuk memperoleh hambatan yang optimal.
Ketersediaan
T.44.22.008 | T.44.22.008 | Perpustakaan Universitas Pertahanan RI - Salemba (Teknologi Daya Gerak) | Tersedia |
Informasi Detil
Judul Seri |
-
|
---|---|
No. Panggil |
T.44.22.008
|
Penerbit | Universitas Pertahanan Republik Indonesia : Bogor., 2022 |
Deskripsi Fisik |
30 cm
|
Bahasa |
Indonesia
|
ISBN/ISSN |
-
|
Klasifikasi |
T.44.
|
Fakultas |
Sains dan Teknologi Pertahanan
|
Program Studi |
S-2 Teknologi Daya Gerak
|
---|---|
Tipe Pembawa |
Print
|
Edisi |
Tesis
|
Subyek | |
NIM |
120200404006
|
Versi lain/terkait
Tidak tersedia versi lain