Detail Cantuman


No image available for this title

03 Tesis

REMODELLING CONNING TOWER PADA KAPAL SELAM ALUGORO GUNA MENDUKUNG PENGUASAAN TEKNOLOGI INDUSTRI PERTAHANAN NASIONAL DALAM MEWUJUDKAN POSTUR TENTARA NASIONAL INDONESIA YANG TANGGUH



Negara Kesatuan Republik Indonesia yang memiliki luas wilayah laut sebesar 3.25 juta kilometer persegi dan 2.55 juta kilometer persegi yang merupakan kawasan ekonomi eksklusif tentunya memerlukan pertahanan di bidang kemaritiman guna melindungi wilayah perairan tersebut. Salah satu alat utama sistem senjata yang dimiliki oleh Tentara Nasional Indonesia Angkatan Laut adalah kapal selam yang mampu beroperasi di dalam permukaan laut sehingga sulit untuk dideteksi keberadaannya. Kapal Selam Alugoro 405 yang merupakan kapal selam diesel elektrik hasil kerja sama joint production antara PT. PAL Persero dengan Daewoo Shipbuilding and Marine Engineering Korea Selatan menjadi kapal selam terbaru yang dimiliki oleh TNI AL. Bagian conning tower yang menjadi salah satu bangunan luar pada kapal selam menyumbang sekitar 15-30% dari hambatan total kapal selam itu sendiri, hal ini menjadikan conning tower menjadi objek dari penelitian ini untuk dilakukannya remodelling agar mendapatkan bentukan model dari conning tower yang mampu mengurangi nilai koefisien hambatan. Variasi model yang dilakukan dalam penelitian ini dengan menggunakan variasi model Eppler dan model Langley yang akan dimodelkan untuk menggantikan model conning tower original yang dimiliki oleh kapal selam Alugoro 405. Selain variasi model, penelitian ini juga menggunakan variasi kedalaman untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh yang terjadi terhadap nilai hambatan akibat kedalaman pada jarak 100m, 250m, dan 350m di bawah permukaan laut. Kecepatan yang diterapkan pada penelitian ini menggunakan kecepatan maksimum dari kapal selam Alugoro 405 yaitu sebesar 21 knot. Hasil dari peneitian pada penelitian ini pada model variasi Eppler ialah berkurangnya koefisien hambatan sebesar 9,72% dari yang semula 0.247 menjadi 0.223 dan pada model Langley sebesar 18.99% dari nilai koefisien hambatan model original 0.247 menjadi 0.200 sehingga model Langley merupakan variasi yang paling optimal dalam pengurangan koefisien hambatan pada conning tower pada penelitian ini. Hasil dari penelitian ini diharapkan mampu dijadikan suatu referensi bagi industri pertahanan untuk mendesain model dari conning tower kapal selam untuk memperoleh hambatan yang optimal.


Ketersediaan

T.44.22.008T.44.22.008Perpustakaan Universitas Pertahanan RI - Salemba (Teknologi Daya Gerak)Tersedia

Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
T.44.22.008
Penerbit Universitas Pertahanan Republik Indonesia : Bogor.,
Deskripsi Fisik
30 cm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
T.44.
Fakultas
Sains dan Teknologi Pertahanan
Program Studi
S-2 Teknologi Daya Gerak
Tipe Pembawa
Print
Edisi
Tesis
Subyek
NIM
120200404006

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain


Lampiran Berkas


search

masukkan satu atau lebih kata kunci dari judul, pengarang, atau subyek



Advanced Search

Masukan judul koleksi

  • SEARCHING...

Masukan pengarang koleksi

  • SEARCHING...

Masukan subjek koleksi

Masukan ISBN/ISSN koleksi

Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnyaXML DetailCite this