Detail Cantuman


No image available for this title

03 Tesis

MANAJEMEN STRATEGI KOMUNIKASI KEMENTERIAN PERTAHANAN DALAM MENINGKATKAN MINAT MASYARAKAT UNTUK BERGABUNG PADA KOMPONEN CADANGAN GUNA MENDUKUNG SISHANKAMRATA



Konsep pertahanan semesta dibangun dengan postur pertahanan yang melibatkan seluruh masyarakat, termasuk melalui Komponen Cadangan (Komcad). Kebijakan Komcad bersifat sukarela. Kementerian Pertahanan (Kemhan) pada tahun 2021 membentuk Komcad sebagai hasil analisis ancaman yang komprehensif. Kemhan RI dalam upaya menarik minat masyarakat untuk bergabung dengan Komcad masih belum optimal. Kemhan mencatat hampir 10.000 orang telah mendaftarkan diri masuk dalam Komcad. Hanya sekitar 0.0156% masyarakat yang menunjukkan minat bergabung pada Komcad dengan asumsi 67 Juta penduduk memenuhi syarat. Oleh karena itulah dibutuhkan manajemen strategi komunikasi Kemhan ditinjau dari aspek komponen komunikasi. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis manajemen strategi komunikasi; tantangan dan hambatan; serta strategi komunikasi Kemhan dalam meningkatkan minat masyarakat untuk bergabung pada Komcad. Adapun metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis data kualitatif dan analisis SWOT. Pengambilan sampel pada Ditjen Pothan Kemhan RI menggunakan teknik purposive sampling sebanyak 2 orang, anggota Komcad (1 orang) dan masyarakat di wilayah DKI Jakarta menggunakan metode snowball sampling sebanyak 4 orang. Data didapatkan melalui wawancara, observasi dan studi dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa manajemen strategi komunikasi meliputi perencanaan strategi (planning), pengaturan organisasi komunikasi (organizing), pelaksanaan strategi yang mengandalkan komunikator berkapasitas (actuating), serta pengawasan dan evaluasi strategi yang dilakukan secara simultan (controling). Manajemen strategi komunikasi Kemhan belum optimal karena adanya tantangan dan hambatan seperti keterbatasan anggaran, keragaman persepsi masyarakat, tantangan media interaktif, karakteristik target komunikan, pemerataan sosialisasi, dan pelaksanaan strategi yang belum sempurna. Strategi komunikasi perlu dilaksanakan lebih baik untuk meningkatkan minat masyarakat bergabung pada Komcad. Terdiri dari strategi peningkatan (SO), strategi perbaikan (WO), strategi optimalisasi (ST), dan strategi untuk bertahan (WT).


Ketersediaan

Tidak ada salinan data


Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
-
Penerbit Universitas Pertahanan Republik Indonesia : Bogor.,
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
NONE
Fakultas
Manajemen Pertahanan
Program Studi
S-2 Manajemen Pertahanan
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
NIM
120210201008

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain


Lampiran Berkas


search

masukkan satu atau lebih kata kunci dari judul, pengarang, atau subyek



Advanced Search

Masukan judul koleksi

  • SEARCHING...

Masukan pengarang koleksi

  • SEARCHING...

Masukan subjek koleksi

Masukan ISBN/ISSN koleksi

Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnyaXML DetailCite this