Detail Cantuman


No image available for this title

03 Tesis

STRATEGI BISNIS PT. PINDAD PADA PRODUK NON MILITER ALAT BERAT GUNA MENDUKUNG KEMANDIRIAN INDUSTRI PERTAHANAN



PT. Pindad Sebagai BUMN dengan pengalaman 30 tahun menghadapi tantangan serius terkait perputaran modal yang lambat dari produk Pertahanan dan keamanan yang membutuhkan investasi besar dan waktu yang lama. Permasalahannya adalah fokus pada pengembangan produk non-militer, terutama pada produk alat berat, dalam mendiversifikasi produk untuk meningkatkan pendapatan, meningkatkan perputaran modal, dan menjaga keseimbangan keuangan. Penelitian ini menggunakan analisis strategi ends, means, dan ways untuk menganalisis faktor-faktor yang memengaruhi pemilihan strategi bisnis PT. Pindad dalam pengembangan alat berat non-militer. Tujuan penelitian ini untuk Menganalisis faktor pemilihan strategi, menganalisis peluang pasar dan menganalisis strategi bisnis dalam diversifikasi ekonomi produksi non-militer untuk menopang pembiayaan produksi inti perusahaan. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif melalui wawancara, observasi, dan studi pustaka, penelitian ini dirancang untuk memberikan wawasan mendalam terkait kebijakan dan strategi bisnis PT. Pindad. Hasil penelitian berfokus pada keberhasilan PT. Pindad dalam mengembangkan strategi bisnis yang kokoh untuk produk nonmiliter, khususnya alat berat. Hasil analisis faktor-faktor strategis menunjukkan integrasi yang erat dengan teori bisnis, terutama teori Michael Porter dalam mencapai tujuan diversifikasi ekonomi produksi non-militer, PT. Pindad berhasil mengintegrasikan strategi dengan konsep diferensiasi dan rantai nilai (Ends). Diversifikasi produk alat berat dan penggunaan aliansi strategis menunjukkan konsep diversifikasi (Means). Pemilihan alat berat sebagai produk utama dan fokus pada efisiensi operasional mencerminkan pilihan strategi yang berorientasi pada (Ways). Kesimpulan penelitian ini bahwa PT. Pindad secara efektif menjalankan strategi bisnis alat berat dengan identifikasi peluang pasar dan diversifikasi ekonomi yang terukur, mendukung keberlanjutan dan daya saing perusahaan di pasar non-pemerintah.


Ketersediaan

Tidak ada salinan data


Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
-
Penerbit Universitas Pertahanan Republik Indonesia : Bogor.,
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
NONE
Fakultas
Manajemen Pertahanan
Program Studi
S-2 Ekonomi Pertahanan
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
NIM
120220203011

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain


Lampiran Berkas


search

masukkan satu atau lebih kata kunci dari judul, pengarang, atau subyek



Advanced Search

Masukan judul koleksi

  • SEARCHING...

Masukan pengarang koleksi

  • SEARCHING...

Masukan subjek koleksi

Masukan ISBN/ISSN koleksi

Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnyaXML DetailCite this