Detail Cantuman

03 Tesis
STRATEGI BISNIS PT. PINDAD PADA PRODUK NON MILITER ALAT BERAT GUNA MENDUKUNG KEMANDIRIAN INDUSTRI PERTAHANAN
PT. Pindad Sebagai BUMN dengan pengalaman 30 tahun menghadapi tantangan serius terkait perputaran modal yang lambat dari produk Pertahanan dan keamanan yang membutuhkan investasi besar dan waktu yang lama. Permasalahannya adalah fokus pada pengembangan produk non-militer, terutama pada produk alat berat, dalam mendiversifikasi produk untuk meningkatkan pendapatan, meningkatkan perputaran modal, dan menjaga keseimbangan keuangan. Penelitian ini menggunakan analisis strategi ends, means, dan ways untuk menganalisis faktor-faktor yang memengaruhi pemilihan strategi bisnis PT. Pindad dalam pengembangan alat berat non-militer. Tujuan penelitian ini untuk Menganalisis faktor pemilihan strategi, menganalisis peluang pasar dan menganalisis strategi bisnis dalam diversifikasi ekonomi produksi non-militer untuk menopang pembiayaan produksi inti perusahaan. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif melalui wawancara, observasi, dan studi pustaka, penelitian ini dirancang untuk memberikan wawasan mendalam terkait kebijakan dan strategi bisnis PT. Pindad. Hasil penelitian berfokus pada keberhasilan PT. Pindad dalam mengembangkan strategi bisnis yang kokoh untuk produk nonmiliter, khususnya alat berat. Hasil analisis faktor-faktor strategis menunjukkan integrasi yang erat dengan teori bisnis, terutama teori Michael Porter dalam mencapai tujuan diversifikasi ekonomi produksi non-militer, PT. Pindad berhasil mengintegrasikan strategi dengan konsep diferensiasi dan rantai nilai (Ends). Diversifikasi produk alat berat dan penggunaan aliansi strategis menunjukkan konsep diversifikasi (Means). Pemilihan alat berat sebagai produk utama dan fokus pada efisiensi operasional mencerminkan pilihan strategi yang berorientasi pada (Ways). Kesimpulan penelitian ini bahwa PT. Pindad secara efektif menjalankan strategi bisnis alat berat dengan identifikasi peluang pasar dan diversifikasi ekonomi yang terukur, mendukung keberlanjutan dan daya saing perusahaan di pasar non-pemerintah.
Ketersediaan
Tidak ada salinan data
Informasi Detil
Judul Seri |
-
|
---|---|
No. Panggil |
-
|
Penerbit | Universitas Pertahanan Republik Indonesia : Bogor., 2024 |
Deskripsi Fisik |
-
|
Bahasa |
Indonesia
|
ISBN/ISSN |
-
|
Klasifikasi |
NONE
|
Fakultas |
Manajemen Pertahanan
|
Program Studi |
S-2 Ekonomi Pertahanan
|
---|---|
Tipe Pembawa |
-
|
Edisi |
-
|
Subyek | |
NIM |
120220203011
|
Versi lain/terkait
Tidak tersedia versi lain