Detail Cantuman


No image available for this title

02 Skripsi

PREDIKSI DAN SIMULASI IKATAN SENYAWA OBAT ANTIMALARIA TAFENOQUINE TERHADAP PROTEIN Plasmodium falciparum KODE 1-1500 DENGAN METODE MOLECULAR DOCKING DAN DYNAMICS DALAM UPAYA MENDUKUNG KESEHATAN MILITER



Latar Belakang : Angka kematian akibat infeksi Plasmodium falciparum terus meningkat, mendesak kebutuhan pengembangan obat antimalaria. Berdasarkan hasil penelitian terdahulu, tafenoquine diketahui memiliki efek anti Plasmodium falciparum. Studi in-vitro telah mengkonfirmasi interaksi langsung antara tafenoquine dan protein Plasmodium falciparum. Berdasarkan teori ikatan proteinligan, interaksi ini dapat dijelaskan melalui model lock-key dan induced fit.
Tujuan : Untuk mengetahui binding affinity secara molecular docking antara senyawa obat tafenoquine dengan protein Plasmodium falciparum dan mengetahui stabilitas ikatan secara molecular dynamics antara senyawa obat tafenoquine dengan protein Plasmodium falciparum.
Metode : Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif. Penelitian yang dilakukan dengan membuat gambaran atau deskripsi tentang hasil prediksi dan simulasi ikatan senyawa tafenoquine dengan protein Plasmodium falciparum. Langkah-langkah yang dilakukan dalam penelitian ini meliputi preparasi berupa pengumpulan data struktur protein dan ligan, proses running molecular docking dan molecular dynamics, menganalisis hasil dan kesimpulan.
Hasil : Hasil docking menunjukkan beberapa kandidat dengan ∆Energi Ikatan positif dari rentang 2,5 – 0 , dan protein Aspartate carbamoyltransferase (Kode PDB : 7ZP2) lanjut dengan molecular dynamics dan diperoleh hasil bahwa tafenoquine dapat berikatan di reseptor Aspartate carbamoyltransferase namun ikatan yang dihasilkan kurang stabil .
Kesimpulan : Tafenoquine dapat berikatan dengan protein Plasmodium falciparum, namun pada protein yang dipilih sebagai reseptor belum menunjukkan suatu ikatan yang stabil.


Ketersediaan

Tidak ada salinan data


Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
-
Penerbit Universitas Pertahanan Republik Indonesia : Bogor.,
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
NONE
Fakultas
Kedokteran dan Ilmu Kesehatan
Program Studi
S-1 Kedokteran
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
NIM
320200101002

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain


Lampiran Berkas


search

masukkan satu atau lebih kata kunci dari judul, pengarang, atau subyek



Advanced Search

Masukan judul koleksi

  • SEARCHING...

Masukan pengarang koleksi

  • SEARCHING...

Masukan subjek koleksi

Masukan ISBN/ISSN koleksi

Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnyaXML DetailCite this