Detail Cantuman


No image available for this title

02 Skripsi

HUBUNGAN PENGUKURAN ANTROPOMETRI WAIST HEIGHT TO RATIO SEBAGAI INDIKATOR OBESITAS TERHADAP HIPERTENSI PADA PRAJURIT TNI DI SATUAN OPERASIONAL DAN NON OPERASIONAL



Latar Belakang: Obesitas merupakan kondisi medis yang ditandai dengankelebihan akumulasi lemak tubuh. Kondisi ini merupakan salah satu faktor risikoutama hipertensi, penyakit jantung, stroke, dan diabetes. Waist Height to Ratio(WHtR) merupakan salah satu indikator antropometri yang dapat digunakan untuk memprediksi risiko hipertensi.
Tujuan: Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis hubungan WHtR sebagai indikator obesitas terhadap hipertensi pada prajurit TNI satuan operasional dannon operasional.
Metode: Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian observasionalanalitik dengan pendekatan studi cross sectional dan rancangan penelitianprospektif dan menggunakan uji non-parametrik yaitu uji Chi Square Pearson danFisher’s Exact. Serta menggunakan teknik penelitian simple random samplingdengan jumlah sampel 74 subjek.
Hasil: Hasil penelitian menunjukkan terdapat korelasi positif antara pengukuranWaist Height to Ratio (WHtR) dengan hipertensi pada kedua satuan tersebut,sehingga menunjukkan nilai WHtR yang tinggi berbanding lurus dengan peningkatan risiko hipertensi. Pada Uji Fisher’s Exact didapatkan p-value (twotailed) = 0,031, p-value (one-tailed) = 0,022 dengan nilai signifikan < 0,05.
Kesimpulan: Terdapat hubungan antara indikator Waist Height to Ratio terhadap hipertensi. Analisis terhadap 74 subjek menunjukkan bahwa satuan operasionalmemiliki prevalensi obesitas, hipertensi, dan kebiasaan merokok yang lebih tinggi dibandingkan di satuan non operasional.


Ketersediaan

Tidak ada salinan data


Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
-
Penerbit Universitas Pertahanan Republik Indonesia : Bogor.,
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
NONE
Fakultas
Kedokteran dan Ilmu Kesehatan
Program Studi
S-1 Kedokteran
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
NIM
320200101032

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain


Lampiran Berkas


search

masukkan satu atau lebih kata kunci dari judul, pengarang, atau subyek



Advanced Search

Masukan judul koleksi

  • SEARCHING...

Masukan pengarang koleksi

  • SEARCHING...

Masukan subjek koleksi

Masukan ISBN/ISSN koleksi

Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnyaXML DetailCite this