Detail Cantuman


No image available for this title

02 Skripsi

PROFIL TINGKAT PENGETAHUAN MENGENAI HIV/AIDS PADA KADET MAHASIWA FAKULTAS KEDOKTERAN DAN ILMU KESEHATAN COHORT 1 DAN COHORT 3 UNIVERSITAS PERTAHANAN REPUBLIK INDONESIA



Latar Belakang: HIV/AIDS adalah penyakit yang disebabkan oleh Human Immunodeficiency Virus (HIV) dengan cara menginfeksi sel imun dan menghancurkan sistem kekebalan tubuh, sedangkan Acquired Immune Deficiency Syndrome (AIDS) merupakan keadaan yang muncul setelah virus (HIV) menginfeksi yang ditandai dengan menurunnya kemampuan sistem kebebalan tubuh. Berdasarkan data WHO sebanyak 650.000 orang dinyatakan meninggal dunia karena HIV/AIDS serta diperkirakan 38,7 juta populasi terinfeksi HIV di seluruh dunia. Tingginya fenomena HIV/AIDS dapat menjadi potensi ancaman yang dapat menurunkan kualitas SDM dan produktivitas oleh karena itu diperlukan tindakan pencegahan seperti edukasi untuk meningkatkan tingkat pengetahuan.
Tujuan: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran tingkat pengetahuan
mengenai HIV/AIDS pada kadet mahasiswa cohort 1 dan cohort 3 Fakultas Kedokteran Dan Ilmu Kesehatan Universitas Pertahanan Republik Indonesia.
Metode: Desain penelitian ini menggunakan metode deskriptif dan pendekatan cross-sectional dengan populasi seluruh kadet mahasiswa sebanyak 152 orang dan total sampel 110 orang. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling. Instrumen penelitian berupa kuesioner yang terdiri dari 12
pertanyaan pengetahuan tentang HIV/AIDS.
Hasil: Berdasarkan hasil penelitian, 94 orang memiliki pengetahuan baik, 15 orang memiliki pengetahuan cukup, dan 1 orang memiliki pengetahuan kurang. Dengan demikian mayoritas responden memiliki pengetahuan yang baik mengenai HIV/AIDS yakni sebanyak 94 orang (85,5%). Maka diharapkan dengan pemberian materi pembelajaran mengenai HIV/AIDS pada responden dapat terus meningkatkan pengetahuan mengenai HIV/AIDS sehingga penularannya dapat dicegah.


Ketersediaan

Tidak ada salinan data


Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
-
Penerbit Universitas Pertahanan Republik Indonesia : Bogor.,
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
NONE
Fakultas
Kedokteran dan Ilmu Kesehatan
Program Studi
S-1 Kedokteran
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
NIM
320200101034

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain


Lampiran Berkas


search

masukkan satu atau lebih kata kunci dari judul, pengarang, atau subyek



Advanced Search

Masukan judul koleksi

  • SEARCHING...

Masukan pengarang koleksi

  • SEARCHING...

Masukan subjek koleksi

Masukan ISBN/ISSN koleksi

Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnyaXML DetailCite this