Detail Cantuman


No image available for this title

02 Skripsi

INSIDENSI TERJADINYA TINEA PEDIS PADA KADET MAHASISWA COHORT 4 UNIVERSITAS PERTAHANAN RI DAN FAKTOR RISIKO YANG MEMPENGARUHINYA



Latar Belakang: Tinea pedis ialah infeksi dermatofita yang ditandai dengan invasi jaringan kulit superfisial kaki manusia. Jamur ini dapat menginfeksi daerah sekitar tumit, sela-sela jari, dan telapak kaki. Beberapa faktor seperti pemakaian sepatu PDL, tingkat kebersihan perorangan, dan lingkungan asrama dapat menjadi faktor risiko terjadinya tinea pedis pada kadet mahasiswa.
Tujuan: Untuk mengetahui insidensi tinea pedis pada kadet mahasiswa dan faktor risiko yang mempengaruhinya. Metode: Jenis penelitian ini merupakan deskriptif dengan desain potong lintang. Data diperoleh berdasarkan kuesioner dan dibantu dengan pemeriksaan fisik serta pemeriksaan KOH 10%. Perhitungan besar sampel dalam penelitian ini menggunakan total sampling, dengan jumlah sampel sebesar 250 responden. Hasil penelitian diolah menggunakan program statistik komputer SPSS memakai Chi-Square.
Hasil: Sekitar 23.6% kadet mahasiswa mengalami gejala tinea pedis, meskipun pemeriksaan mikroskopis menunjukkan hasil negatif. Wanita memiliki risiko lebih rendah, sementara pemakaian sepatu PDL lebih dari 8 jam dan tidak mengganti sepatu setiap hari dapat meningkatkan risiko. Kebiasaan menjemur sepatu, mengganti kaus kaki setiap hari, menggunakan sabun saat mencuci kaki, dan terpapar karpet/keset di masjid berkorelasi dengan risiko lebih rendah. Meskipun beberapa hasil menunjukkan ketidakpastian statistik, temuan ini memberikan wawasan penting tentang faktor-faktor yang dapat mempengaruhi prevalensi tinea pedis pada populasi tersebut.
Kesimpulan: Studi ini menyimpulkan bahwa terdapat insidensi gejala klinis tinea pedis di kalangan kadet mahasiswa, dengan faktor-faktor tertentu seperti jenis kelamin, kebiasaan memakai sepatu, dan praktik kebersihan kaki yang mempengaruhi kejadian tersebut. Temuan-temuan ini dapat menjadi dasar bagi tindakan pencegahan dan inisiatif peningkatan kesehatan di kalangan populasi kadet mahasiswa.


Ketersediaan

Tidak ada salinan data


Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
-
Penerbit Universitas Pertahanan Republik Indonesia : Bogor.,
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
NONE
Fakultas
Kedokteran dan Ilmu Kesehatan
Program Studi
S-1 Kedokteran
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
NIM
320200101042

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain


Lampiran Berkas


search

masukkan satu atau lebih kata kunci dari judul, pengarang, atau subyek



Advanced Search

Masukan judul koleksi

  • SEARCHING...

Masukan pengarang koleksi

  • SEARCHING...

Masukan subjek koleksi

Masukan ISBN/ISSN koleksi

Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnyaXML DetailCite this