Detail Cantuman


No image available for this title

02 Skripsi

GAMBARAN TINGKAT GANGGUAN SOMATOFORM BERDASARKAN JENIS KELAMIN DAN PROGRAM STUDI PADA KADET MAHASISWA TINGKAT 1 UNIVERSITAS PERTAHANAN REPUBLIK INDONESIA TAHUN 2023-2024



Latar Belakang: Gangguan somatoform adalah gejala fisik dengan pengaruh psikiatri yang kuat pada gejala tersebut yang bukan dari masalah sistem organ. Gangguan ini dapat terjadi pada semua umur yang berkaitan dengan faktor psikologi, sosial, dan biologis. Penelitian sebelumnya menunjukkan bahwa gangguan somatoform cenderung lebih tinggi pada perempuan, dan masih perlu penelitian lebih lanjut pada program studi dan pendidikan semi militer.
Tujuan: penelitian untuk mengetahui gambaran tingkat gangguan somatoform secara umum pada kadet mahasiswa tingkat 1 dan berdasarkan jenis kelamin serta program studi dengan harapan dapat menambah wawasan pengetahuandan membantu identifikasi masalah gangguan somatoform pada kadet mahasiswa.
Metode: penelitian ini menggunakan metode cross-sectional dengan total sampling. Didapatkan 285 responden Kadet Mahasiswa tingkat 1 yang mengisi Patient Health Questionnaire-15 (PHQ-15) pada bulan Desember 2023.
Hasil dan Pembahasan: Hasil penelitian mendapatkan bahwa 78 responden (27,4%) memiliki gangguan somatoform, dengan tingkat ringan 66 (23,2%), tingkat sedang 9 (3,2%), tingkat berat 3 (1,1%). Gejala yang paling sering dikeluhkan adalah : pusing / pening 77%. Berdasarkan jenis kelamin, Perempuan yang memiliki gangguan somatoform 52(44,1%), Laki-laki yang memiliki gangguan somatoform 26(15,6%). Berdasarkan program studi, persentase terbanyak adalah kedokteran sejumlah 36,6%. Persentase perempuan mengalami gangguan somatoform pada tiap program studi lebih banyak daripada laki-laki.
Kesimpulan: Penelitian ini menunjukkan bahwa tingkat gangguan somatoform pada Kadet Mahasiswa tingkat satu cukup rendah dan terdapat perbedaan berdasarkan jenis kelamin dan program studi. Jenis kelamin perempuan memiliki resiko lebih tinggi mengalami gangguan somatoform (p


Ketersediaan

Tidak ada salinan data


Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
-
Penerbit Universitas Pertahanan Republik Indonesia : Bogor.,
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
NONE
Fakultas
Kedokteran dan Ilmu Kesehatan
Program Studi
S-1 Kedokteran
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
NIM
320200101053

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain


Lampiran Berkas


search

masukkan satu atau lebih kata kunci dari judul, pengarang, atau subyek



Advanced Search

Masukan judul koleksi

  • SEARCHING...

Masukan pengarang koleksi

  • SEARCHING...

Masukan subjek koleksi

Masukan ISBN/ISSN koleksi

Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnyaXML DetailCite this