Detail Cantuman


No image available for this title

02 Skripsi

GEJALA FISIK DAN EMOSIONAL STRES KADET MAHASISWA KEDOKTERAN UNIVERSITAS PERTAHANAN RI BERDASARKAN JENIS KELAMIN



Latar BeIakang: Terjadinya peningkatan angka kejadian stres pada mahasiswa di Indonesia yang dapat mengurangi motivasi, menghambat pencapaian akademis, dan peningkatan jumIah drop-out dan menimbuIkan manifestasi stres daIam berbagai gejaIa fisik dan emosionaI.
Tujuan: PeneIitian ini bertujuan untuk mengetahui frekuensi gejaIa fisik dan emosionaI terkait stres kadet mahasiswa kedokteran cohort I FakuItas Kedokteran dan IImu Kesehatan Universitas Pertahanan RI berdasarkan jenis keIamin.
Metode: PeneIitian ini merupakan studi cross-sectionaI, pengambiIan data diIaksanakan dengan penyebaran kuesioner kepada kadet mahasiswa kedokteran cohort I sejumIah 75 responden. HasiI dan
Pembahasan: Sebagian besar kadet mahasiswa kedokteran cohort I mengaIami stres sedang (55%), dengan totaI skor gejaIa perempuan (31±15,5) Iebih tinggi dibandingkan Iaki-Iaki (24±14,49). GejaIa fisik yang paIing umum diaIami 75 responden adaIah pusing, nyeri kepaIa, migrain, asam Iambung naik, berdebar, keringat berIebih, peningkatan berat badan, keIeIahan dan rontok. GejaIa emosionaI yang paIing sering diaIami 75 responden adaIah suasana hati berubah-ubah dan mudah tersinggung. Perbedaan gejaIa fisik dan emosionaI yang paIing umum diaIami oIeh responden Iaki-Iaki dan perempuan berdasarkan frekuensinya diakibatkan beberapa faktor seperti faktor neurobioIogis dan periIaku.
KesimpuIan: Stres sedang yang diaIami kadet mahasiswa kedokteran tingkat I dimanifestasikan daIam 10 gejaIa fisik paIing umum, yaitu: pusing (40%), nyeri kepaIa (34,7%), nyeri Ieher (29,3%), migrain (25,3%), asam Iambung naik (25,3%), berdebar (24%), keringat berIebih (22,7%) peningkatan berat badan (22,7%), keIeIahan terus-menerus (20%), dan rontok (18,7%), dan daIam gejaIa emosionaI yang paIing umum yaitu suasana hati berubah-ubah atau mudah tersinggung (36%). Terdapat perbedaan gejaIa fisik dan emosionaI yang paIing umum diaIami responden Iaki-Iaki dan perempuan.


Ketersediaan

Tidak ada salinan data


Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
-
Penerbit Universitas Pertahanan Republik Indonesia : Bogor.,
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
NONE
Fakultas
Kedokteran dan Ilmu Kesehatan
Program Studi
S-1 Kedokteran
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
NIM
320200101055

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain


Lampiran Berkas


search

masukkan satu atau lebih kata kunci dari judul, pengarang, atau subyek



Advanced Search

Masukan judul koleksi

  • SEARCHING...

Masukan pengarang koleksi

  • SEARCHING...

Masukan subjek koleksi

Masukan ISBN/ISSN koleksi

Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnyaXML DetailCite this