Detail Cantuman


No image available for this title

02 Skripsi

KORELASI KADAR HEMOGLOBIN DENGAN VO2 MAX PADA KADET MAHASISWA PROGRAM STUDI SARJANA KEDOKTERAN UNIVERSITAS PERTAHANAN REPUBLIK INDONESIA



Pendahuluan : Kebugaran jasmani adalah kondisi dimana tubuh dapat melakukan aktivitas harian dengan maksimal tanpa mengalami kelelahan berarti. Berdasarkan studi literatur yang dilakukan pada remaja usia 18-22 tahun menemukan bahwa remaja memiliki daya tahan kardiorespirasi yang sangat kurang. Terdapat banyak faktor yang dapat mempengaruhi daya tahan kardiorespirasi, salah satunya adalah kadar Hb seseorang. Dalam penelitian ini akan ditelaah pengaruh kadar hemoglobin seseorang terhadap daya tahan kardiorespirasi seseorang dihitung dengan VO2 Max.
Metode : Desain penelitian ini adalah kuantitatif korelasional dengan pendekatan studi cross-sectional. Sampel penelitan adalah Kadet Mahasiswa Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan Program Studi Sarjana Kedokteran sejumlah 60 orang.
Hasil : Daya tahan kardiorespirasi dan pengukuran kadar Hb menunjukkan 50% populasi laki-laki memiliki kadar hb normal dan 57% dengan VO2 Max dalam kategori kurang, sedangkan pada perempuan hanya 35% dengan kadar Hb normal dan 65% pada kategori kurang, hasil VO2 Max Perempuan hanya 10% nilai baik 90% kategori kurang. Dalam penelitian ini didapatkan korelasi yang signifikan antara kadar hb dengan VO2 Max ( P-Value 0,000< 0.05) serta koefisien korelasi sebesar 0.523.
Kesimpulan : Terdapat hubungan signifikan positif antara kadar hemoglobin terhadap volume oksigen maksimum pada populasi kadet mahasiswa Universitas Pertahanan Republik Indonesia Program Studi Sarjana Kedokteran.


Ketersediaan

Tidak ada salinan data


Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
-
Penerbit Universitas Pertahanan Republik Indonesia : Bogor.,
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
NONE
Fakultas
Kedokteran dan Ilmu Kesehatan
Program Studi
S-1 Kedokteran
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
NIM
320200101059

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain


Lampiran Berkas


search

masukkan satu atau lebih kata kunci dari judul, pengarang, atau subyek



Advanced Search

Masukan judul koleksi

  • SEARCHING...

Masukan pengarang koleksi

  • SEARCHING...

Masukan subjek koleksi

Masukan ISBN/ISSN koleksi

Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnyaXML DetailCite this