Detail Cantuman


No image available for this title

02 Skripsi

PROFIL RISIKO KARDIOVASKULAR PADA DOSEN DAN STAF FAKULTAS KEDOKTERAN DAN ILMU KESEHATAN UNIVERSITAS PERTAHANAN REPUBLIK INDONESIA BERDASARKAN JAKARTA CARDIOVASCULAR SCORE



Latar Belakang: Penyakit jantung menjadi penyebab kematian tertinggi di Indonesia sebanyak 15 dari 1.000 penduduk Indonesia menderita penyakit jantung koroner (PJK) dan telah mengakibatkan kematian kurang lebih sekitar 510.840 orang. Kejadian PJK yang semakin meningkat perlu diperhatikan sehingga diperlukan upaya pencegahan penyakit jantung dan pembuluh darah.
Tujuan: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran karakteristik dosen dan staf Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan Universitas Pertahanan Republik Indonesia menurut usia, tekanan darah, riwayat merokok, riwayat diabetes melitus, indeks massa tubuh dan aktivitas fisik dan menyajikan data profil risiko kardiovaskular pada dosen dan staf Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan Universitas Pertahanan Republik Indonesia berdasarkan Jakarta Cardiovascular Score.
Metode: Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif. Desain Penelitian yang digunakan adalah Cross Sectional, dimana dilakukan penghimpunan data melalui timbangan ,sphygmomanometer, dan meteran untuk mengukur berat badan, tinggi badan, tekanan darah serta wawancara terkait jenis kelamin, usia, aktivitas fisik melalui kuesioner IPAQ, riwayat merokok dan diagnosis diabetes melitus. Sampel berjumlah 50 orang, dinilai hasil penjumlahan skor pada Jakarta Cardiovascular Score.
Hasil: Berdasarkan hasil penelitian didapati jumlah subjek perempuan sebanyak 28 orang (56%) dan laki-laki 22 orang (44%) dengan usia rata-rata 40 tahun. Subjek dengan riwayat tidak pernah merokok sebanyak 33 orang (66%), sudah berhenti merokok 2-10 tahun sebanyak 5 orang (10%) dan perokok sebanyak 12 orang (24%). Subjek dengan penyakit diabetes melitus sebanyak 3 orang (6%) dan tanpa penyakit diabetes melitus sebanyak 47 orang (94%). Tingkat aktivitas fisik ringan sebanyak 30 (60%) , aktivitas fisik sedang sebanyak 12 orang (24%) dan aktivitas fisik berat sebanyak 8 orang (16%).
Kesimpulan: Ditemukan persentase risiko rendah senilai 54%, persentase risiko sedang senilai 12%, persentase risiko tinggi senilai 34%. Rata-rata usia adalah 40 tahun dengan jenis kelamin perempuan lebih dominan (56%) dan prevalensi tekanan darah paling banyak pada klasifikasi normal tinggi (40%), IMT paling banyak berada pada kelompok Obesitas Tingkat 1 (40%) serta yang memiliki riwayat DM hanya 6%. Hampir keseluruhan dosen dan staf tidak memiliki riwayat merokok (94%) dan riwayat aktivitas fisik yang mendominasi adalah aktivitas fisik ringan (60%).


Ketersediaan

Tidak ada salinan data


Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
-
Penerbit Universitas Pertahanan Republik Indonesia : Bogor.,
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
NONE
Fakultas
Kedokteran dan Ilmu Kesehatan
Program Studi
S-1 Kedokteran
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
NIM
320200101066

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain


Lampiran Berkas


search

masukkan satu atau lebih kata kunci dari judul, pengarang, atau subyek



Advanced Search

Masukan judul koleksi

  • SEARCHING...

Masukan pengarang koleksi

  • SEARCHING...

Masukan subjek koleksi

Masukan ISBN/ISSN koleksi

Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnyaXML DetailCite this