Detail Cantuman


No image available for this title

02 Skripsi

PERBEDAAN WAKTU TERCAPAINYA MINIMAL ERYTHEMAL DOSES PADA BERBAGAI TIPE KULIT FITZPATRICK YANG DISINARI NB-UVB



Latar Belakang : Paparan sinar matahari pada kulit memiliki efek positif maupun negatif. Paparan sinar Ultraviolet (UV) merupakan salah satu faktor resiko utama penyebab penyakit kulit seperti kanker kulit dan penuaan dini. Studi sebelumnya telah menunjukkan bahwa karakteristik tiap tipe kulit berdasarkan Fitzpatrick berbeda. Oleh karena itu, perlu dilakukan penelitian yang fokus pada kelompok ini untuk mengetahui perbedaan waktu yang diperlukan untuk mencapai dosis eritema minimal (MED).
Tujuan : Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan waktu tercapainya Minimal Erythema Doses pada berbagai tipe kulit berdasarkan Fitzpatrick.
Metode : Penelitian ini merupakan penelitian eksperimental dengan desain pretest-posttest two group design dengan 15 subjek penelitian yang akan diberi pajanan menggunakan alat fototerapi NB-UVB untuk melihat waktu tercapainya Dosis Eritema Minimal pada berbagai tipe kulit berdasarkan Fitzpatrick.
Hasil : Hasil dari penelitian ini adalah rerata waktu tercapainya DEM pada setiap tipe kulit memiliki perbedaan. Hal ini dilihat berdasarkan analisis perbedaan antara setiap tipe kulit. Terdapat perbedaan yang signifikan antara Tipe Kulit Fitzpatrick 1 dan Fitzpatrick 3, sedangkan untuk tipe kulit Fitzpatrick 1 dan Fitzpatrick 2 serta Fitzpatrick 2 dan Fitzpatrick 3 tidak memiliki perbedaan yang signifikan.
Kesimpulan : Waktu terjadinya DEM pada setiap kulit memiliki rerata yang berbeda dan terdapat perbedaan yang signifikan pada beberapa tipe kulit berdasarkan Fitzpatrick.


Ketersediaan

Tidak ada salinan data


Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
-
Penerbit Universitas Pertahanan Republik Indonesia : Bogor.,
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
NONE
Fakultas
Kedokteran dan Ilmu Kesehatan
Program Studi
S-1 Kedokteran
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
NIM
320200101075

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain


Lampiran Berkas


search

masukkan satu atau lebih kata kunci dari judul, pengarang, atau subyek



Advanced Search

Masukan judul koleksi

  • SEARCHING...

Masukan pengarang koleksi

  • SEARCHING...

Masukan subjek koleksi

Masukan ISBN/ISSN koleksi

Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnyaXML DetailCite this